News Photo

Alasan Kuliah Itu Penting

Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) biasanya para siswa biasanya melanjutkan studi untuk kuliah. Namun banyak yang belum mengetahui alasan pentingnya berkuliah itu sendiri. Kuliah merupakan proses untuk mengembangkan kemampuan yang sudah didapat di bangku sekolah menengah. Jika lulusan SMA/MA maka dapat melanjutkan jalur sarjana, sedangkan untuk lulusan SMK dapat memilih jalur vokasi (diploma) karena lebih banyak praktek Nah sebenarnya apa pentingnya dari berkuliah itu sendiri? Simak penjelasan berikut:


Alasan Kuliah Itu Penting:


1. Peluang Kerja Semakin Besar

Makin tinggi pendidikan seseorang maka kesempatan berkarier juga akan semakin luas. Hal ini dikarenakan banyaknya kualifikasi perusahaan yang mengisyaratkan lulusan diploma hingga S1 dalam suatu bidang pekerjaan. Dengan begitu kuliah menjadi penting karena dapat membuka karier seseorang.

2. Meningkatkan Soft Skill

Selama berkuliah juga belajar untuk mengembangkan soft skill. Soft skill itu dapat mencakup kepercayaan diri, komunikasi, pemikiran kritis, kepemimpinan, pemecahan masalah, dan lain sebagainya.Tidak hanya itu dengan berkuliah, kalian juga akan diberikan kemampuan untuk melihat masalah dan melakukan analisis mengenai metode apa yang harus dilakukan untuk memecahkan masalah.

3. Mengembangkan Minat

Menurut survei yang dilakukan Times Higher Education menjelaskan alasan utama siswa berkuliah karena ingin mempertajam bidang yang sedang dipelajari. Selama berkuliah, dosen akan menerangkan suatu obyek dan membahasnya lebih dalam.
Dari penjelasan dosen tersebut dapat menemukan minat dan bakat secara lebih mendalam.


4. Kesempatan Memiliki Banyak Teman

Alasan mengapa kuliah penting adalah untuk menemukan relasi baru dan membuka jaringan pertemanan dengan luas. Kalian juga akan belajar dengan orang-orang yang memiliki minat dan bakat yang sama dengan kalian.
Karena kesamaan latar belakang tersebutlah, kalian dapat bertukar informasi dan berbagi pengalaman untuk mendapatkan banyak kesempatan dan belajar hal-hal baru.
Siapa tahu teman kuliah kalian dapat menjadi partner kerja kalian


5. Lebih Siap Kerja

Dengan memiliki empat hal seperti yang dijelaskan di atas, kalian akan lebih siap menghadapi dunia kerja. Jika kemampuan kalian sudah berkembang makin baik. Maka kalian juga dapat melakukan negosiasi gaji sesuai dengan kemampuan dan gelar.Selain itu kalian juga bisa menyelesaikan masalah di kantor sesuai dengan metode dan keahlian yang kalian dapatkan selama kuliah. Dengan memiliki gelar dan ilmu selama berkuliah, kalian dapat memilih karier yang sesuai dengan minat.

 

 

APAKAH KULIAH DAPAT MEMBUAT KITA BAHAGIA ???

Sarjana Bukan Hanya Tentang Uang
"Orang dengan pendidikan tinggi cenderung memiliki tujuan hidup," ujar Psikolog Perkembangan dan dosen dari Claremont Graduate University, Kendall Cotton Bronk.

Orang yang memiliki tujuan hidup cenderung lebih sehat secara mental, fisik, dan hidup lebih panjang.

"Studi menunjukkan orang yang memiliki tujuan hidup cenderung lebih bahagia dan optimis daripada orang yang tidak memiliki tujuan," ujar Bronk.

 

JURUSAN TERBAIK TERGANTUNG DIRI SENDIRI
Jurusan kuliah membantu menemukan tujuan hidup. Jadi tidak ada satu jurusan spesifik yang membuat orang bahagia karena tiap orang memiliki tujuan yang berbeda.

Kuliah memang meningkatkan kebahagiaan namun bukan karena dapat belajar di kelas. Melainkan hak istimewa yang didapat seperti kesempatan kerja, hubungan sosial, pendapatan

 

 

 

 

 

 

 

UNDARIS

Di undaris memilik 6 fakultas dan 8 program studi

 

FAKULTAS

PROGRAM STUDI

Hukum

Magister Ilmu Hukum (S2)

Ilmu Hukum (S1)

Teknik

Teknik Sipil (S1)

Keguruan dan Ilmu Pendidikan

PPKN (S1)

PGSD (S1)

Peternakan

Peternakan (S1)

Agama Islam

Pendidikan Agama Islam (S1)

Ekonomi Dan Bisnis

Manajemen (S1)



Akreditasi Institusi B

 

Biaya Terjangkau

Hanya 500 Rb/Bulan

 

Daftar Sekarang Dengan Klik link dibawah ini :

pmb.undaris.ac.id



Share This News

Comment