News Photo

PEMBEKALAN PPL PRODI PAI FAI UNDARIS 2022

Pada hari Selkasa, 19 Juli 2022 bertempat di Aula H.M. Mansyur Kampuis Undaris telah dilaksanakan kegiatan pembekalan PPL Prodi PAI Tahun Akademik 2021/2022. Kegiatan tersebut diikuti oleh 63 mahasiswa peserta PPL yang terbagi dalam enam kelompok. Masing-masing kelompok akan ditempatkan di sekolah dan madrasah mitra FAI selama dua bulan ke depan untuk melakukan praktek praktek administrasi sekolah dan prakten pembelajaran. Pada tahun ini FAI menggandeng tiga sekolah umum dan tiga madrasah yaitu SMA Negeri 2 Ungaran, SMA Negeri 1 Ambarawa, SMK Islam Sudirman Ambarawa, MTs Yaspi Pakis, MTs dan MA Yajri Payaman Magelang yang akan dilaksanakan mulai tanggal 25 Juli 2022 sampai tanggal 26 September 2022.

Dalam sabutannya, Dekan FAI Undaris menyampaikan bahwa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bagian integral dan muara dari proses pendidikan pada jenjang S-1 kependidikan yang dimaksudkan untuk memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa dalam situasi nyata di lapangan untuk memantapkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial dalam rangka memperbaiki atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. PPL tahun ini sengaja mengambil sekolah praktek berupa sekolah yang di bawah naungan Kementrian Pendidikan dan madrasah yang di bawah naungan Kementrian Agama. Hal ini bertujuan agar mahasiswa PPL mampu untuk beradaptasi dengan perbedaan karakteristik dan  atmosfir akademik di dua kementrian berbeda, sehingga kelak setelah lulus dari FAI Undaris mereka mampu menginternalisasikan kompetensi guru baik ketika mengabdi di sekolah umum maupun di madrasah.

Pembekalan PPL tahun ini menhadirkan empat pemateri yaitu Rina Priarni, M.Pd.I. selaku Kaprodi PAI yang memberikan materi tentang arah dan kebijakan program PPL PAI di era digital. Pemateri kedua yaitu Guru PAI-BP SMA Negeri 2 Ungaran, Mashudi, S.Ag., M.Pd., dengan materi Implementasi kurikulum PAI di Sekolah. Materi ketiga disampaikan oleh Kepala MTs Yaspi Magelang dengan tema Implementasi kurikulum PAI di Madrasah, dan Materi keempat disampaikan oleh Ayep Rosidi, M.Pd.I. dengan materi Perencanaan pembelajaran PAI.

Kegiatan PPL) dilaksanakan di sekolah latihan selama kurang lebih dua bulan. Secara garis besar, kegiatan PPL meliputi pembekalan di kampus, observasi/orientasi lingkungan sekolah, menyusun perangkat pembelajaran, melakukan pengamatan pada saat guru pamong mengajar, dan melaksanakan praktik pembelajaran terbimbing di kelas yang sesungguhnya.

 

Share This News

Comment