News Photo

SEMINAR NASIONAL “DINAMIKA PEMBELAJARAN PAI DI ERA DIGITAL”

Ungaran – Ahad (24/07)  Bertempat di Aula H.M. Mansyur Universitas Darul Ulum Islamic Center Sudirman GUPPI (UNDARIS) telah diadakan seminar nasional dengan tema “Dinamika Pembelajaran PAI di Era Digital.  Seminar ini diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Agama Islam UNDARIS yang mana dengan adanya seminar nasional yang bertemakan "Dinamika Pembelajaran PAI di Era Digital" tersebut menjadi sebuah wadah berproses bagi seluruh mahasiswa dalam menggali berbagai informasi, pengetahuan, dan pengalaman terkait pembelajaran PAI yang semakin ke sini semakin bertransformasi sesuai arah perkembangan IT (Digital). Seminar Ini merupakan kegiatan seminar nasional pertama yang diselenggarakan BEM FAI UNDARIS usai masifnya penyebaran COVID-19 di Indonesia. Seminar ini dapat membangkitkan semangat para mahasiswa yang telah lama terjebak dalam aktivitas daring. Mahasiswa perlu untuk terus mengingat akan pentingnya kemampuan mengolah digitalisasi menjadi sebuah modal yang mumpuni untuk menunjang karir di masa depan.

Seminar nasional ini diisi oleh tiga tokoh luar biasa selaku pembicara yang merupakan perpaduan yang pas untuk tema yang dibawakan. Ketiga pembicara tersebut yakni Bapak Drs. H. Idi Joko Sudono, M.S.I. selaku Instruktur Nasional PKB GTK Madrasah,  Bapak Ayep Rosidi, S.Pd.I. M.Pd.I. selaku wakil dekan FAI UNDARIS, dan Ibu Anisa Zahro, S.Pd. selaku guru PAI SDN Girirejo 1 Magelang serta alumni FAI UNDARIS Tahun 2017. Ketiga  pembicara tersebut membawakan materi dengan tema yang sama namun dalam sudut pandang yang berbeda. Bapak Drs. Idi Joko Sudono, M.S.I. menyajikan materi dari sudut pandang seorang pengawas madrasah yang tentunya sudah paham mengenai seluk-beluk dan naik turunnya pembelajaran PAI di madrasah, Bapak Ayep Rosidi, S.Pd.I. M.Pd.I membawakan materi dari sudut pandang selaku seorang dosen yang kental akan teori dan sisi ilmiahnya, kemudian Ibu Anisa Zahro,S.Pd. yang menyajikan materi langsung dari kacamata selaku seorang guru yang bergerak atau terjun langsung di lapangan. Tentunya ini adalah sebuah paket yang lengkap untuk menyajikan materi dengan tema “Dinamika Pembelajaran PAI di Era Digital".

Seminar ini dibuka oleh Dekan FAI UNDARIS,  Dr. Hj. Ida Zahara Adibah, M.S.I yang disambut meriah oleh para peserta seminar. Dalam sambutannya Ibu Ida menyinggung mengenai pentingnya mahasiswa untuk bergerak maju seiring dengan perkembangan zaman yang melesat. Mahasiswa mesti menyesuaikan langkah mengejar majunya teknologi, memanfaatkan teknologi dengan baik sebagai pegangan mereka dalam menyukseskan karir.

Seminar dibagi dalam beberapa tahap. Peertama, ketiga pemateri menyampaikan materi masing masing, lalu diberikan sesi tanya jawab yang sangat membantu bagi para mahasiswa untuk menjawab rasa ingin tahunya. Para mahasiswa begitu antusias hingga jumlah penanya melebihi slot yang ada. Para pemateri menjawab dengan jelas dan komprehensif, sehingga tak hanya menjawab pertanyaan, namun juga memperluas perspektif mahasiswa. Acara ini ditutup dengan penyerahan plakat kepada pemateri dan penyerahan hadiah kepada penanya terbaik. 

Share This News

Comment