Alhamdulillahirrabbil alamin, puji syukur kehadirat Allah SWT, salawat beriring salam kita sampaikan kepada Rasulullah SAW. Sebagai tindak lanjut dari dilaksanakannya proses penjaminan mutu di tingkat perguruan tinggi, maka setiap perguruan tinggi perlu melaksanakan proses monitoring dan evaluasi mutu (monev) terhadap semua kegiatan tridharma di perguruan tinggi tersebut.
Universitas Darul Ulum Islamic Centre GUPPI Sudirman menjalankan proses monitoring dan evaluasi evaluasi internal dalam rangka proses penjaminan mutu yang bertujuan untuk memenuhi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan sebagaimana yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.62 Tahun 2016 dan Peraturan Menteri Ristek Dikti No. 44 Tahun 2015.
Dari hasil monitoring dan evaluasi di bidang pendidikan dan pengajaran kami telah menyusun laporan setelah mendapat bantuan dari berbagai pihak sehingga semua proses monev yang kami lakukan berjalan lancar. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan laporan ini.
Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari semua pihak agar kami dapat memperbaiki dan meningkatkan kinerja kami dalam monev ini. Semoga monev ini dapat memberikan manfaat, masukan dan menjadi inspirasi untuk UNDARIS lebih baik lagi.
Lembaga Penjaminan Mutu
Team Monev
2016/2017
Laporan Lengkap di sini
……………………………………..
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga laporan monev Layanan Kemahasiswaan pada semester gasal 2016/2017 dapat diselesaikan. Monev dilaksanakan dengan survei kepuasan mahasiswa terhadap enam layanan: bimbingan dan konseling, pengembangan minat dan bakat, pembinaan soft skill, beasiswa, kesehatan, akademik. Monev dilaksanakan untuk mengukur kinerja empat unit penyelenggara layanan: Bagian Kemahasiswaan.
Analisis data survei menunjukkan berbagai kemajuan maupun kekurangan pada beberapa aspek kualitas layanan. Pada bagian akhir laporan monev disampaikan rekomendasi untuk beberapa aspek kualitas layanan yang harus ditindaklanjuti dalam Rencana Tindak Lanjut unit penyelenggara layanan terkait. Tindak lanjut dari rekomendasi yang disampaikan akan menjadi materi pembahasan dalam Rapat Tinjauan Manajemen Universitas.
Kami mengucapkan terimakasih atas kerjasama pimpinan unit BAAK atas bantuan dan terselenggaranya survei.
…………………………………..
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga laporan monev Layanan Kemahasiswaan pada semester genap 2016/2017 dapat diselesaikan. Monev dilaksanakan dengan survei kepuasan mahasiswa terhadap enam layanan: bimbingan dan konseling, pengembangan minat dan bakat, pembinaan soft skill, beasiswa, kesehatan, akademik. Monev dilaksanakan untuk mengukur kinerja empat unit penyelenggara layanan: Bagian Kemahasiswaan.
Analisis data survei menunjukkan berbagai kemajuan maupun kekurangan pada beberapa aspek kualitas layanan. Pada bagian akhir laporan monev disampaikan rekomendasi untuk beberapa aspek kualitas layanan yang harus ditindaklanjuti dalam Rencana Tindak Lanjut unit penyelenggara layanan terkait. Tindak lanjut dari rekomendasi yang disampaikan akan menjadi materi pembahasan dalam Rapat Tinjauan Manajemen Universitas.
Kami mengucapkan terimakasih atas kerjasama pimpinan unit BAAK atas bantuan dan terselenggaranya survei.
…………………………………..
EXECUTIVE SUMMARY
Pengukuran kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap pengelolaan sumber daya manusia pada periode 2015 – 2016 dilakukan pada masing-masing unit kerja. Hal ini dilakukan untuk mengetahui secara umum tingkat kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap pengelolaan sumber daya manusia yang ada pada masing-masing unit kerja di lingkungan kampus UNDARIS Ungaran. Total instrument kuesioner yang disebarkan adalah 103 dengan rincian 54 kuesioner untuk dosen dan 49 kuesioner untuk tenaga kependidikan. Kuesioner yang masuk/kembali pada tanggal yang telah ditentukan untuk pengolahan data dari semua kuesioner yang telah disebarkan, sebanyak 45 kuesioner.
Kuesioner telah diuji validitas dan realibitas menggunakan alat bantu SPSS. Uji validitas menunjukkan bahwa ada korelasi yang tinggi dari semua item pertanyaan yang diajukan. Berdasarkan uji SPSS nilai korelasi kuesioner yang digunakan sebesar 0,615 yang berarti nilai tersebut tergolong kuat. Hasil uji reliabilitas menunjukkan hasil yang sangat bagus karena berdasarkan pengukurannya diperoleh nilai korelasi sebesar 0.892. Hal ini berarti bahwa kuestioner yang dibagikan dapat dipercaya sebagai alat pengukur tingkat kepuasan.
Tingkat kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap pengelolaan sumber daya manusia di UNDARIS Ungaran untuk periode pengukuran tahun akademik 2015/2016, menunjukkan nilai kepuasan secara umum sebagai berikut : Penilaian untuk kepuasan terhadap sampel responden dosen yang ada memberikan hasil skor rata-rata 2,46 dengan kategori klasifikasi Cukup puas. Artinya adalah dosen menilai pengelolaan sumber daya manusia di kampus UNDARIS Ungaran adalah cukup. Sedangkan penilaian untuk kepuasan terhadap sampel responden tenaga kependidikan yang ada memberikan hasil skor rata-rata 2,48 dengan kategori klasifikasi Cukup puas. Artinya adalah tenaga kependidikan menilai pengelolaan sumber daya manusia di kampus UNDARIS Ungaran adalah cukup. Beberapa aspek ditiap instrument berdasarkan hasil yang telah didapatkan nilai rata-rata yang hampir sama. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan baik dosen maupun tendik hampir sama. Kondisi tersebut perlu untuk menjadi evaluasi lebih lanjut bagi pimpinan di kampus UNDARIS Ungaran.
……………………………………
ANGKET KEPUASAN DOSEN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
UNDARIS UNGARAN
TAHUN AKADEMIK 2015/2016
17. Universitas menyampaikan informasi mengenai layanan peningkatan kebugaran Jasmani.
A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
18. Universitas menentukan jenjang karir dosen dan tenaga kependidikan berdasarkan prestasi kerja.
A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
19. Universitas telah menyelenggarakan system penggajian, tunjangan dan remunerasi yang berkeadilan.
A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
20. Universitas menyampaikan informasi dan mendukung implementasi system jaminan kesehatan dan jaminan sosial lainnya.
A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
21. Saya dapat berbagi perasaan dan pengalaman dengan rekan kerja saya.
A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
22. Universitas memberi penghargaan atas prestasi kerja yang dicapai.
A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
23. Saya merasa pekerjaan saya memberi makna dalam kehidupan.
A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
24. Universitas menyediakan layanan kesehatan melalui Poliklinik UPI.
A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
25. Saya merasa berharga di mata teman sejawat.
A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
26. Pimpinan universitas menanggapi dan menindaklanjuti kritik, saran, dan keluhan yang disampaikan.
A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
27. Universitas menyediakan layanan penggunaan fasilitas seperti gedung, bis, sarana olah raga, dan lainnya.
A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
28. Saya mendapatkan dukungan untuk mengikuti studi banding/seminar baik di dalam maupun luar negeri.
A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
29. Pimpinan universitas menjamin penyampaian kritik, saran, dan keluhan secara bebas dan mandiri.
A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
30. Universitas menyediakan layanan penggunaan fasilitas seperti gedung, bis, sarana olah raga, dan lainnya.
A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
31. Pimpinan universitas menyediakan sarana komunikasi untuk menyampaikan kritik, saran, dan keluhan.
A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
32. Universitas menyediakan fasilitas kantor yang memadai untuk menjalankan tugas pokok dan fungsi saya.
A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
33. Pimpinan universitas menyampaikan secara jelas tupoksi masing-masing SDM yang berada di bawah koordinasinya.
A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
34. Dalam lingkungan kerja saya tercipta hubungan antarsejawat yang baik dan harmonis.
A. Sangat Puas B. Puas C. Tidak Puas D. Sangat Tidak Puas
…………………………………………
MONEV SEMESTER GASAL 2015/2016
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga laporan monev Layanan Kemahasiswaan pada semester Gasal 2015/2016 dapat diselesaikan. Monev dilaksanakan dengan survei kepuasan mahasiswa terhadap enam layanan: bimbingan dan konseling, pengembangan minat dan bakat, pembinaan soft skill, beasiswa, kesehatan, akademik. Monev dilaksanakan untuk mengukur kinerja empat unit penyelenggara layanan: Bagian Kemahasiswaan.
Analisis data survei menunjukkan berbagai kemajuan maupun kekurangan pada beberapa aspek kualitas layanan. Pada bagian akhir laporan monev disampaikan rekomendasi untuk beberapa aspek kualitas layanan yang harus ditindaklanjuti dalam Rencana Tindak Lanjut unit penyelenggara layanan terkait. Tindak lanjut dari rekomendasi yang disampaikan akan menjadi materi pembahasan dalam Rapat Tinjauan Manajemen Universitas.
Kami mengucapkan terimakasih atas kerjasama pimpinan unit BAAK atas bantuan dan terselenggaranya survei.
…………………………………..
MONEV SEMESTER GENAP 2015/2016
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga laporan monev Layanan Kemahasiswaan pada semester Genap 2015/2016 dapat diselesaikan. Monev dilaksanakan dengan survei kepuasan mahasiswa terhadap enam layanan: bimbingan dan konseling, pengembangan minat dan bakat, pembinaan soft skill, beasiswa, kesehatan, akademik. Monev dilaksanakan untuk mengukur kinerja empat unit penyelenggara layanan: Bagian Kemahasiswaan.
Analisis data survei menunjukkan berbagai kemajuan maupun kekurangan pada beberapa aspek kualitas layanan. Pada bagian akhir laporan monev disampaikan rekomendasi untuk beberapa aspek kualitas layanan yang harus ditindaklanjuti dalam Rencana Tindak Lanjut unit penyelenggara layanan terkait. Tindak lanjut dari rekomendasi yang disampaikan akan menjadi materi pembahasan dalam Rapat Tinjauan Manajemen Universitas.
Kami mengucapkan terimakasih atas kerjasama pimpinan unit BAAK atas bantuan dan terselenggaranya survei
…………………………………..
MONEV SEMESTER GASAL 2014/2015
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga laporan monev Layanan Kemahasiswaan pada semester Gasal 2014/2015 dapat diselesaikan. Monev dilaksanakan dengan survei kepuasan mahasiswa terhadap enam layanan: bimbingan dan konseling, pengembangan minat dan bakat, pembinaan soft skill, beasiswa, kesehatan, akademik. Monev dilaksanakan untuk mengukur kinerja empat unit penyelenggara layanan: Bagian Kemahasiswaan.
Analisis data survei menunjukkan berbagai kemajuan maupun kekurangan pada beberapa aspek kualitas layanan. Pada bagian akhir laporan monev disampaikan rekomendasi untuk beberapa aspek kualitas layanan yang harus ditindaklanjuti dalam Rencana Tindak Lanjut unit penyelenggara layanan terkait. Tindak lanjut dari rekomendasi yang disampaikan akan menjadi materi pembahasan dalam Rapat Tinjauan Manajemen Universitas.
Kami mengucapkan terimakasih atas kerjasama pimpinan unit BAAK atas bantuan dan terselenggaranya survei.
…………………………………..
MONEV SEMESTER GASAL 2013/2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga laporan monev Layanan Kemahasiswaan pada semester Gasal 2013/2014 dapat diselesaikan. Monev dilaksanakan dengan survei kepuasan mahasiswa terhadap enam layanan: bimbingan dan konseling, pengembangan minat dan bakat, pembinaan soft skill, beasiswa, kesehatan, akademik. Monev dilaksanakan untuk mengukur kinerja empat unit penyelenggara layanan: Bagian Kemahasiswaan.
Analisis data survei menunjukkan berbagai kemajuan maupun kekurangan pada beberapa aspek kualitas layanan. Pada bagian akhir laporan monev disampaikan rekomendasi untuk beberapa aspek kualitas layanan yang harus ditindaklanjuti dalam Rencana Tindak Lanjut unit penyelenggara layanan terkait. Tindak lanjut dari rekomendasi yang disampaikan akan menjadi materi pembahasan dalam Rapat Tinjauan Manajemen Universitas.
Kami mengucapkan terimakasih atas kerjasama pimpinan unit BAAK atas bantuan dan terselenggaranya survei.
…………………………………..
MONEV SEMESTER GENAP 2013/2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga laporan monev Layanan Kemahasiswaan pada semester Genap 2013/2014 dapat diselesaikan. Monev dilaksanakan dengan survei kepuasan mahasiswa terhadap enam layanan: bimbingan dan konseling, pengembangan minat dan bakat, pembinaan soft skill, beasiswa, kesehatan, akademik. Monev dilaksanakan untuk mengukur kinerja empat unit penyelenggara layanan: Bagian Kemahasiswaan.
Analisis data survei menunjukkan berbagai kemajuan maupun kekurangan pada beberapa aspek kualitas layanan. Pada bagian akhir laporan monev disampaikan rekomendasi untuk beberapa aspek kualitas layanan yang harus ditindaklanjuti dalam Rencana Tindak Lanjut unit penyelenggara layanan terkait. Tindak lanjut dari rekomendasi yang disampaikan akan menjadi materi pembahasan dalam Rapat Tinjauan Manajemen Universitas.
Kami mengucapkan terimakasih atas kerjasama pimpinan unit BAAK atas bantuan dan terselenggaranya survei.
Share This News